Yuk, Kita Wisata Kuliner di Jawa Barat

6:09 AM 2 Comments A+ a-

        Provinsi yang berbatasan dengan banten dan jakarta di sebelah barat lalu dengan jawa tengah di bagian timur ini memiliki masakan atau kuliner yang sangat khas dan pastinya nikmat. Untuk itu disini gw akan coba hadirkan daftar kuliner khas jawa barat sob.. Scroll kebawah aja :))

ASINAN BOGOR


       Asinan Bogor sudah menjadi khas makanan Bogor sobb, jadi lo harus coba rasa Asinan yang udah terkenal di Bogor ini. Asinan bogor terdiri dari banyak jenis buah-buahan  yang diasinkan kayak Mangga Muda, Jambu Air, Kemang, Menteng, Anggur Bogor, Kedondong, Bengkuang, Nanas dan Pala yang disajiin dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng. Makanan ini paling enak dimakan pas siang-siang sob, apalagi cuaca lagi panas ginii, beuhhh pas banget dehhh!!


CIRENG


          Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Cireng original biasanya di jual ditukang gorengan, tapi karna sekarang orang-orang udah pada kreatif cireng jadi ada isinya dan banyak varian rasa kayak kornet, ayam, keju,dll. Cireng ini adalah makanan khas bandung sob. Cireng itu rasanya kenyal dan asik buat nguyah kalau lagi bosen.



DODOL GARUT


         Dodol Garut adalah makanan khas dari kota Garut provinsi Jawa Barat. Jenis dari dodol Garut ini banyak banget bro, diantaranya ada dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian,  dan masih banyak lagi deh jenis-jenisnya. Banyak orang yang suka dodol Garut ini karena rasanya yang khas yang membedakannya dengan dodol-dodol sejenis dari daerah lainnya di Indonesia. Oiya ada juga dodol isi coklat, nah dodol isi coklat ini yang pertama di dunia sobb, makin banyak aja variasi dodol ya sob.


TAHU GEJROT


        Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang udah digoreng terus dipotong agak kecil abis itu disiram kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula merah. Tahu gejrot ini disukai sama banyak orang sob, dari anak kecil sampe lansia hampir semuanya suka sama makanan yang satu ini, buat yang mau beli tahu gejrot gak perlu jauh-jauh ke Cirebon kok, sekarang udah banyak yang jual makanan ini, hampir di semua daerah, mau itu di Jawa Barat ataupun di luar Jawa Barat.


SEBLAK


      Seblak adalah makanan Khas Bandung, Jawa Barat. Jajanan yang termasuk baru ini terbuat dari kerupuk/makroni rebus setengah matang yang diracik dengan bumbu-bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih dan sedikit penyedap rasa. Tapi bukan seblak namanya kalau tidak membuat kita kepedesan dan garuk-garuk kepala karena inilah ciri khasnya. Seblak punya banyak varian seperti seblak ceker, seblak sosis, seblak baso, dll. Seublak paling enak dinikmati pas malam hari atau engga pas lagi hujan, karena kuah seblak yang panas bisa bikin perut kita hangat.


SURABI

           Makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung ini mirip dengan pancake. Bedanya, surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya lebih tebal. Peralatan yang digunain buat ngebakarnya juga ngegunain alat sederhana, yaitu dibakar dengan ngegunain tungku diatas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Pada hasil akhir ditambahin kuah cair manis dari gula merah, tapi sekarang surabi udah bisa dikombinasiin sama makanan lain seperti keju, coklat, dll. Kalau di Bandung disebutnya surabi, nah kalau di Jawa Tengah serabi guys, dan berbeda juga bentuknya


ES GOYOBOD

        Es Goyobod merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Bahan dasar es ini yaitu goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe (kacang hijau yang di bekukan) bertekstur kenyal. Goyobod dipotong kecil-kecil lalu kemudian dicampur dengan santan, gula cair dan kelapa muda. bisa juga ditambahkan variasi makanan lainnya seperti potongan alpukat, kolang kaling, tapai singkong, dan lain-lain. Es ini memiliki rasa yang manis dan segar, sangat cocok diminum siang hari dan saat berbuka puasa.


ES OYEN

       Es Oyen adalah es yang paling terkenal di Jawa Barat, bahkan es ini juga banyak dijajakan di luar Pulau Jawa. Es yang telah dijual sejak tahun 1954 ini terdiri dari bermacam-macam buah-buahan, seperti jagung, alpukat, kelapa muda, pacar cina dan aneka buah lainnnya. Aneka buah tersebut lalu ditambahkan es batu dan susu kental manis. Rasanya segar dan manis, cocok dinikmati di siang hari.

BANDREK

          Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya diminum pada cuaca dingin, seperti sedang hujan ataupun malam hari. Bahan dasar yang paling penting dan harus ada di minuman ini adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Biasanya susu juga di buat toping untuk bandrek, tergantung dari selera penyajian.


BAJIGUR

          Nah, yang ini hampir sama kayak bandrek sob, namanya bajigur. Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Bajigur ini terbuat dari gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Nah, minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajakan bareng Bandrek, kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Bajigur paling pas untuk dinikmati ketika hujan ataupun cuaca dingin.


Okee, jadi itu sedikit tentang kuliner khas Jawa Barat sob, gimana? ngiler ya bacanya? hahaha. Untuk bisa mencicipi makanan-makanan diatas, kita ga perlu jauh jauh ke daerah makanan tersebut, karena hampir di setiap daerah di Jawa Barat sudah banyak pedagang yang menjual makanan-makanan tersebut. Contohnya di Depok, semua makanan/minuman diatas dapat dinikmati di daerah Depok, semuanya ada sob!

- Ardhana Panca Adhari 12IPS2 -

2 comments

Write comments
Abraham Noah
AUTHOR
March 20, 2017 at 10:04 AM delete

Wah pasti asyik nih kalo disantap-santap semuanya.

tempat wisata jawa barat silahkan berkunjung ke blog sederhana saya juga yah info hotel dan destinasi tempat wisata.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
June 22, 2017 at 12:08 AM delete

emang bandung kulinernya mantap banget, belum semua nyicip tapi kayanya tertarik deh buat nyicipin semuanya :D Fomac Indonesia

Reply
avatar