Seni dan Budaya Yang Unik dari Jawa Barat

6:07 AM 0 Comments A+ a-


          Hello guys! Kali ini gua akan ngebahas tentang Seni dan Budaya yang ada di Jawa Barat, mulai dari senjata khasnya, yaitu Kujang, trus baju adatnya Jawa Barat, ada Wayang Golek, dll. Mau tau selengkapnya? monggo di cek postingan yang satu ini. Klik aja, trus scroll ke bawah.. :))

BAJU ADAT

         Oke, yang pertama ada baju adatnya Jawa Barat. Kebaya, pakaian yang sering dipakai ketika ada acara pernikahan atau ketika memperingati Hari Kartini. Pakaian adat Jawa Barat mempunyai ciri khas, yaitu penggunaan kebaya sebagai tanda kentalnya unsur budaya tradisional. Nah Provinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam pakaian tradisional atau pakaian adat.


SENJATA KHAS


        Selanjutnya ada senjata khasnya Jawa Barat, yaitu Kujang. Kujang ini ada di logo Kota Depok dan di logo Provinsi Jawa Barat. Kujang ini sudah seperti icon khasnya Jawa Barat sob. Di kota Depok apalagi, kalau ke Depok, coba perhatiin deh gapura Selamat Datangnya kota Depok di Margonda, di samping kanan dan kiri atas gapura ada Kujangnya. Nah, kujang ini dibuat dulu sekitar abad ke-8 atau ke-9 sob, dan kujangnya sendiri terbuat dari besi atau baja, panjangnya pun mencapai 20cm sampai 25cm dan beratnya 300gram.
       Kujang ini melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran, dan kujang ini dulu dipakai hanya untuk orang-orang tertentu saja sob, seperti raja, prabu anom, golongan pangiwa, penengen, agamawan, dan para putri raja.


TARIAN KHAS


        Nah, ini dia, tarian yang sangat khas dari Jawa Barat sob, udah pada tau kan? Yap betul, Jaipong. Jaipong ini biasanya disuguhkan ketika ada acara kebudayaan, acara pernikahan, acara ulang tahun, maupun penyambutan tamu mancanegara yang berkunjung ke Jawa Barat. Sebagian besar penggemar tari ini adalah orang orang dewasa di pedesaan. Anak muda yang tinggal di kota sekarang ini lebih menggemari tarian modern atau modern dance. Termasuk saya, saya kurang suka dengan jaipong, tetapi saya lebih suka dengan musik dangdut sob, ahahhaha.


SISINGAAN


       Yang terakhir ada sisingaan, sisingaan ini adalah kesenian tradisional dari Jawa Barat. Sisingaan ini biasanya dimainkan ketika ada anak yang mempunyai hajat sunatan. Sisingaan ini dimainkan dengan cara si anak naik ke boneka singa, lalu dipikul oleh beberapa orang dewasa dan berkeliling desa beramai-ramai.


Yaps, itu saja yang bisa saya share ke kalian tentang Seni dan Budaya khas dari Jawa Barat. Untuk kekurangannya mohon dimaklumi, karena kami hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan dan kebenaran milik Tuhan yang Maha Esa (paan si wkkwkwk).

- Muhammad Rizky Setiawan 12IPS2 -