Sejarah Singkat Mengenai Jawa Barat

3:33 AM 0 Comments A+ a-

JAWA BARAT

Logo Jawa Barat

     Hello guys! Kali ini kita akan membahas tentang sejarah singkat Jawa Barat. Gimana sih sejarahnya Jawa Barat? Trus, Jawa Barat berbatasan dengan provinsi apa saja sih? Untuk selengkapnya monggo, simak post berikut, scroll kebawah aja :))
        Menurut data sejarah nih bro, (Staatsblad Nomor 378 tanggal 14 Agustus 1925), Provinsi Jawa Barat adalah provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Indonesia! Pertamax bro! Tapi dulu namanya bukan Jawa Barat sih, dulu namanya, Hindia Belanda. Nah, Pembentukan Provinsi Jawa Barat tersebut, nama resminya West Java Provinci bagi kalangan Belanda dan dimaksudkan untuk melaksanakan janji pemerintah kerajaan Belanda (1901) yang akan memberikan hak otonomi kepada pemerintah Indonesia. Pada Tahun-tahun berikutnya barulah dibentuk Provinsi Jawa Tengah (Midden Java Provinci) dan Provinsi Jawa Timur (Oost Java Province) agak ribet ya namanya.
    Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak di antara 5`50`-7`50` Lintang Selatan dan 104`48`-108`48` Bujur Timur, dengan batas-batas wilayahnya :
  • Utara, berbatasan dengan provinsi DKI Jakarta
  • Timur, berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah
  • Selatan, berbatasan dengan Samudera Indonesia
  • Barat, berbatasan dengan provinsi Banten

      Nah, Sejak 15 abad yang lalu – di Jawa Barat telah tumbuh suatu pemerinthan yang teratur, yaitu berbentuk kerajaam yang bernama Tarumanagara dan salah seorang rajanya adalah Purnawarman. Menurut sumber yang masih didiskusikan atau belum pasti nilai kesejarahannya, pemerintahan berbentuk kerajaan muncul pada abad ke-2 Masehi, yaitu pada saat pemerintahannya Kerajaan Salakanagara dengan ibukotanya Rajataputra dan pendirinya Dawawarman.
    Sejak masa kerajaan Tarumanagara sampai adanya provinsi Jawa Barat, di daerah Jawa Barat berlangsung suatu pemerintahann yang teratur namun bentuk, struktur, sistem pemerintahan dan pusat pemerintahannya mengalami pergantian dan perubahan. Dan segala bentuk pemerintahan provinsi Jawa Barat bertempat di Gedung Sate.

      Okee, Gimana? Ini sejarah singkatnya mengenai Jawa Barat, kalaupun ada yang salah, mohon maaf, saya kurang bagus di bidang sejarah, hehe.


- Muhammad Rizky Setiawan 12IPS2 -